Saturday, December 31, 2011

Suasana Kongres VIII IA ITB 2011


Rangkaian acara Kongres ke-8 IA ITB 2011 berlangsung selama 2 hari pada tanggal 2-3 Desember 2011  di Gedung Aula Barat ITB. Kongres tersebut inti acaranya adalah mendengar Laporan Pertanggungjawaban dari Pengurus Pusat IA-ITB periode 2007 – 2011 (diketuai Hatta Rajasa TM'73) dan pemilihan ketua IA-ITB yang baru periode 2011 – 2015 di hari kedua. 
Suasana di dalam gedung Aula Barat ITB Hari Pertama (2 Desember 2011)
 
Suasana lebih meriah di hari pemungutan suara (Sabtu, 3 Desember 2011). Panggung  besar di depan gerbang ITB, di dalam kampus, stand-stand, berbagai pengisi acara dan media kampanye para kandidat.

Suasana Hari Pemungutan suara di sekitar Boulevard ITB, meriah dengan berbagai acara dan dekorasi calon Ketua IA ITB

Papan Skema Prosedur Verifikasi dan Pemungutan Suara TPS kampus ITB yang dipasang di sekitar Aula Timur (tempat pemungutan suara).
Disediakan fasilitas fotocopy gratis bagi pemilih untuk memudahkan proses.

Suasana Hari Kedua dalam Gedung Aula Barat ITB. Ketua terpilih (SUM) berfoto bersama keempat kandidat lainnya (Amir Sambodo, Hermanto Dardak, Dasep Ahmadi, Nining I Soesilo), Mantan Ketua IA Hatta Rajasa, rektor ITB Pak Akhmaloka, dll.

Ketua IA ITB Terpilih, Sumaryanto Widayatin (SI '74). 

Setelah semua kerjaan beres, Foto bersama teman baru :D Yani dan Aulia :)


Selamat Mengemban amanah pak! Saya belum dapat banyak menyebutkan dampak apa saja yang sangat signifikan dapat terasa dari IA ITB pada mahasiswa ITB. Mudah-mudahan semakin baik dan dampaknya semakin terasa terutama bagi kami yang masih mahasiswa :)
Amin Ya Rabb

Untuk Tuhan, Bangsa dan Almamater
SALAM GANESHA!

Tuesday, December 27, 2011

kok rasanya lucu..

bismillah..

jadi saat di suatu ketika kamu merasa masalahmu sangat kronis dan sebegitu parahnya hingga memengaruhi hampir semua aktivitas kehidupanmu. Kemudian ingin rasanya memanggil seorang ahli kejiwaan (atau psikolog lah ya..) yang dapat membaca semua permasalahanmu. Dan karena bahasamu saat itu sedang sulit dimengerti dan sulit diungkapkan, kau berharap dia sudah mengerti akar permasalahannya dan men-judge sajalah apa yang terjadi padamu.
(saat itu mungkin pikiranmu terlalu lelah untuk terus mencari tahu apa yang sebetulnya terjadi pada dirimu)


kemudian, kamu mencurahkannya. mencurahkannya pada seseorang. Namun apa yang seharusnya kau sampaikan malah tak kau sampaikan, sehingga masalah yang kau ungkapkan terdengar lebih sederhana dari yang kau rasa.

Akhirnya dia menyimpulkan bahwa kamu baik-baik saja, hanya perlu sedikit waktu untuk memperbaikinya.
(sangat jauh dari ekspektasimu yang berharap kau dikatakan sedang dalam kondisi terburuk)

lega karena dikatakan 'dalam kondisi baik'
tapi ngga rela dibilang masalahnya cuma masalah kecil.

tuh kan ngeyel, katanya pengen masalahnya segera selesai?


ada ada aja ya.. hajah.. hajah..  

Dan, cukuplah Rabb-mu menjadi Pemberi Petunjuk dan Penolong.
(QS. Al-Furqan: 31)

27 Desember 2011
19:56
kamar

Mengapa Iqra' ? (part 2)

Lanjutan dari tulisan sebelumnya Mengapa Iqra' ?, satu tema, perluasan dari Iqra'.

Islam sangat mementingkan dan mendorong umatnya untuk bekerja keras menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Dr. Aijazul Khatib, cendekiawan Universitas damaskus menyebutkan bahwa "Tidak ada yang begitu mementingkan upaya penelitian terhadap alam semesta selain dari Al-quran. Lebih dari 750 ayat-ayat Al-qur'an (yang merupakan 1/8 dari seluruh jumlah ayat Al-qur'an) mengajak dan memerintahkan kaum Mukminin untuk mempelajari alam semesta ciptaan Allah ini". Tujuannya untuk direnungkan (dzikrullah), dipikirkan, dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan seluruh umat.

Pantas saja dalam sejarah dunia, islam menjadi pemimpin peradaban dunia selama 7 abad lebih! Sekitar 700 tahun! (Abad ke-7 hingga ke-14 Masehi). Karena saat itu umat islam bersungguh-sungguh mempelajari warisan kemajuan peradaban umat manusia dari berbagai sumber, seperti Babilonia, Mesir, Yunani-Romawi, India, dan China. Tidak sampai disitu, umat Islam mengkaji dan mengembangkannya.

Brifault, seorang sarjana Inggris menyatakan:
"Bangsa Yunani memang telah memulai mensistematisasikan, menggeneralisasi  dan menteorikan. Namun cara-cara yang tekun dalam perincian, observasi yang mendalam, dan pengujian melalui eksperimen ilmiah, adalah merupakan suatu hal yang asing bagi watak bangsa Yunani. Apa yang kita sebut sebagai ilmu pengetahuan (sciences) adalah hasil dari metode baru eksperimen, observasi dan pengukuran teliti yang telah diperkenalkan oleh orang-orang Arab-Muslim. Metodologi dasar ilmu pengetahuan adalah sumbangan yang sangat penting dari peradaban Islam."

Saatnya sadar dan membuka mata terhadap sejarah kita sendiri. Kalau ada anggapan umat islam saat ini bodoh dan tertinggal, bukan karena ajarannya, tetapi karena faktor pelaku-pelakunya. Ingat bahwa Islam pernah memimpin peradaban dan terbukti sejahtera selama kurang lebih 700 tahun!
Mungkin terlalu abstrak kalau bahasan kita seluas dunia,  tapi seharusnya bisa kita mulai dari Indonesia. Seperti sebuah tulisan yang saya temui akhir-akhir ini yang banyak beredar disebuah  situs jejaring sosial:

Teman-teman, hanya mau sharing. Berikut ada cerita nyata yang menarik untuk Indonesia yang lebih baik!! Selamat membaca :)

Suatu pagi, kami menjemput seseorang klien di bandara. Org itu sdh tua,kisaran 60 thn. Si Bpk adalah pengusaha asal Singapura, dgn logat bicara gaya melayu & english, beliau menceritakan pengalaman2 hidupnya kpd kami yg msh muda.
Beliau berkata,"Ur country is so rich!" Ah biasa banget denger kata2 itu. Tapi tunggu dulu..
"Indonesia doesn't need the world,but the world needs Indonesia,"lanjutnya.
"Everything can be found here in Indonesia, U don't need the world. Mudah saja, Indonesia paru-paru dunia. Tebang saja hutan di kalimantan, dunia pasti kiamat. Dunia yg butuh Indonesia!

Singapura is nothing,we can't be rich without Indonesia 500.000 org Indonesia berlibur ke Singapura tiap bulan. Bisa terbayang uang yg masuk ke kami, apartemen2 terbaru kami yg beli org2 Indonesia, ga peduli harga selangit, laku keras. Lihatlah RS kami, org Indonesia semua yg berobat. Trus,kalian tau bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap hutan Indonesia masuk? Ya,bener2 panik. Sangat terasa,we are nothing.

Kalian tau kan kalo Agustus kmrn dunia krisis beras. Termasuk di Singapura dan Malaysia? Kalian di Indonesia dgn mudah dpt beras. Liatlah negara kalian, air bersih di mana2, liatlah negara kami, air bersih pun kami beli dari Malaysia. Saya ke Kalimantan pun dlm rangka bisnis, krn pasirnya mengandung permata. Terliat glitter kalo ada matahari bersinar. Penambang jual cuma Rp 3rb/kg ke pabrik china,si pabrik jual kembali seharga Rp 30rb/kg. Saya liat ini sbg peluang.

Kalian sadar tidak kalo negara2 lain selalu takut meng-embargo Indonesia! Ya,karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut kalau kalian mnjadi mandiri,makanya tidak di embargo. Harusnya KALIANLAH YG MENG- EMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI. Belilah pangan dr petani2 kita sendiri, belilah tekstil garmen dr pabrik2 sendiri.Tak perlu impor klo bs produk sendiri. Jika kalian bs mandiri, bisa MENG-EMBARGO DIRI SENDIRI, INDONESIA WILL RULE THE WORLD!! Plis share ya biar sampe ke seluruh bangsa Indonesia...

--
Ayu Yeriesca
Department of Economics
Faculty of Economics
University Of Indonesia


Luar biasa ya?
Terlepas dari segala fakta di lapangan, mari jadikan sebagai motivasi.
Mari berpikir global, dan beraksi lokal
Mulai dari Indonesia
bismillah..

"mudah-mudahan saya bisa jadi salah satu bagian dari solusi, bukan jadi beban yang harus dicari solusinya."
amiin


Pada 19 desember 2011
08:05
Kamar 404

Tuesday, December 20, 2011

bukan bodoh, namun belum menemukan energi minimumnya..


"Tidak ada manusia yang bodoh. Hanya saja, manusia seringkali salah tempat dan tidak menemukan energi minimumnya." 

Demikian disampaikan Alfathri Adlin, pengkaji budaya dan agama, pada kuliah umum bertajuk Pendidikan dan Agama di Gedung Sayap Selatan (GSS) C Masjid Salman ITB pada Senin (29/11) malam.
 Kegiatan ini merupakan rangkaian serial kuliah umum Beragama dalam Pergolakan Budaya yang diselenggarakan Divisi Pengkajian dan Penerbitan (DPP) YPM Salman ITB.

Dalam hal ini, Alfathri mencontohkan dengan Albert Einstein, si penemu teori Relatifitas. Einstein ketika Sekolah Dasar, memiliki nilai buruk di setiap mata pelajarannya, kecuali Matematika. “Namun, ketika sudah dewasa, siapa sangka pada abad 20 ini kita mencatat Einstein sebagai orang yang jenius?” tanya Alfathri pada peserta kuliah.
Pun dengan Thomas Alfa Edison. Alfathri bercerita ketika Edison duduk di Sekolah Dasar, dia dipulangkan dari sekolah karena bodoh dan tidak bisa diajari oleh guru. Meskipun begitu, Edison bisa menjadi penemu bohlam.

Lebih lanjut, Alfathri menuturkan bahwa orang-orang seperti Albert Einstein dan Thomas Alfa Edison tampak bodoh karena mereka hanya memiliki 1 kemampuan.
 Namun, Einstein dan Edison mampu menemukan energi minimumnya dan mengoptimalkan kemampuanya. Sehingga tak heran bila mereka bisa tercatat dalam sejarah sebagai orang-orang yang mengubah dunia.
Dalam hal ini, Afathri mengibaratkan lampu berdaya 10 watt. Bila sebagai bohlam, lampu tersebut hanya digunakan untuk tidur. “Namun lihat bila (lampu berdaya 10 watt) difokuskan menjadi laser. Daging pun bisa tembus,” tandas Alfathri.
Pun dengan manusia, lanjut Alfathri. Bila perhatiannya buyar ke berbagai hal, diibaratkan seperti minyak tumpah di lautan. Minyak tersebut tampaknya menyebar. Namun bila manusia mencelupkan jarinya, akan diketahui bahwa lapisan minyak tersebut dangkal.
“Lebih baik menguasai satu bidang, tetapi fokus, dibandingkan banyak bidang tetapi dangkal,” nasihat Alfathri.

source : http://salmanitb.com/2010/12/bukan-bodoh-hanya-tidak-menemukan-energi-minimum/
written by : Yudha P Sunandar
image source : www.wallpaper23.com/full.asp?ID=2720&R=1680x1050

Monday, December 19, 2011

Mengapa Iqra' ?


"Bacalah, dengan (menyebut) nama Rabb-mu Yang Maha Menciptakan. Yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhan Rabb-mulah yang Mahamulia. Yang mengajarkan ilmu (kepada manusia) dengan (perantaraan) kalam. Mengajari manusia apa-apa yang belum diketahuinya.."
(QS Al-Alaq 96 : 1-5)

Mengapa Firman Allah yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw adalah perintah membaca? Mengapa iqra', padahal beliau adalah seorang yang ummi (tidak pandai membaca dan menulis)?
Prof. Dr. Quraish Shihab dalam bukunya Wawasan Al-Qur'an menjelaskan bahwa iqra' terambil dari akar kata yang berarti 'menghimpun', sehingga tidak harus selalu diartikan 'membaca' teks tertulis dengan aksara tertentu. Dari pengertian 'menghimpun', lahir aneka ragam makna seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu dan membaca, baik teks tertulis maupun yang tidak tertulis.

Iqra' (bacalah)!
Kemudian muncul pertanyaan.  Tetapi apa yang harus dibaca?? "Ma aqra?" tanya Nabi - dalam suatu riwayat-- setelah beliau kepayahan dirangkul dan diperintah membaca oleh malaikat  Jibril. Pertanyaan itu tidak dijawab, karena Allah menghendaki agar beliau dan umatnya membaca apa saja selama bacaan tersebut bismi rabbika (dengan /atas nama Tuhanmu), dalam arti bermanfaat untuk kemanusiaan.

Iqra' berarti:
Bacalah, telitilah, dalamilah, ketahuilah ciri-ciri sesuatu, bacaah alam, bacalah tanda-tanda zaman, sejarah dan diri sendiri. Sehingga objek perintah ini mencakup segala sesuatu yang dapat dijangkaunya.

Kita lihat adanya pengulangan perintah Iqra' pada firman Allah yang pertama tersebut mengisyaratkan bahwa kecakapan dalam membaca diperoleh dengan mengulang-ulangi bacaan, dilakukan hingga mencapai batas maksimal kemampuan, dan mengulang bacaan atas nama Allah akan menghasilkan pengetahuan dan wawasan baru, walaupun yang dibaca itu-itu juga.

Sungguh, perintah membaca merupakan hal yang paling berharga yang diberikan pada manusia. "Membaca" dalam berbagai maknanya adalah syarat pertama dan utama pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta syarat utama membangun peradaban. Sudah terbukti pada abad 7-14 ketika Islam menjadi pemimpin peradaban dunia.

Wow ternyata sudah diperintahkan ya?
Mari amalkan perintah tersebut. Yang selama ini jarang baca, ayo diluangkan. Yang selama ini bacanya ngga efektif, ayo belajar mengefektifkan. Salah satunya dengan menuliskan hasil bacaan juga, bisa baca resume pengantarnya disini.

Iqra'! :D

Senin, 19 Desember 2011
07:30
Kamar 404

__________________________________________________________________________________
Pustaka:
Samantho, Ahmad, Y. 2002. Jurnalistik Islami: Panduan Praktis bagi Para Aktivis Muslim. Jakarta Selatan : Penerbit Harakah.
Image source : 
http://3.bp.blogspot.com/-LTQsg7J8TQg/TiLPSJXe9uI/AAAAAAAAAQE/NZCb1h2-r58/s1600/kid-reading-book.jpg

Sunday, December 18, 2011

Pencil VS Tubes

Hanya lintasan pikiran.
Biasanya tiap akhir beberapa mata kuliah praktik ada semacam tugas/ proyek akhir.
kami di biologi dan mikrobiologi ITB biasa menyebutnya dengan
"Pencil",  Penelitian KECIL

sedang kawan-kawan dari jurusan informatika atau elektro (STEI), yang saya tahu mereka menyebutnya
"Tubes", Tugas BESAR


Apakah ada dampaknya secara psikologis bagi para mahasiswanya?
#justsayying

_____________________________________________________
Terlepas dari istilah yang digunakan, keduanya membutuhkan effort yang luar biasa. Yang jelas perbedaan antar keduanya adalah objeknya. Makhluk hidup yang kami jadikan objek penelitian ini biasanya harus selalu dipantau perkembangannya. Kalau ngga, misal hewan/tumbuhannya mati sedangkan data belom diambil, jadi harus ngulang lagi dari awal deh.
:)

Astaghfirullah, Centil..

Saat sedang di rumah, 16 Desember lalu..

C (Caca) : "Tante fya ga sekolah?"

S (Saya) : "Ngga."

C : "Libur?"

S : "Iya"

C :  "Asiik!"

S : "Kenapa?"

C : "Kirain udah ketemu pangeran."

S : "Hah, pangeran apa?"

C : "Pangeran kodok hijau"

S : "nggg.." 


 * * *

Persis saat saya baru sampai rumah setelah dari asrama dan ketemu Caca..

S : "Kakaa!" (dengan tangan terbuka dan wajah sumringah)

C : "Astagfirullah.. Centil."

S : .....

XO
(ga ngerti lagi)

 _____________________________________________________________________
Caca adalah keponakan saya. Lengkapnya Keisya Alya Al-Muttaqin.
Anak pertama dari 3 bersaudara. Sekarang caca kelas 1 SD 
Centilnya minta ampun hehe :')
Semoga jadi anak shaleh ya
amiin

Thursday, December 15, 2011

Finally, The End of 5th Semester :')

Alhamdulillah..
Semester 5 2011 di jurusan Biologi SITH ITB sudah berakhir..
Ujian (saya) sudah selesai sejak Selasa lalu (13 Des 2011)

Semester 5 itu kalo saya bilang, ajaib!
beda banget sama semester lainnya, bahkan sama kehidupan saya :p
Habis UAS, rasanya hidup tenteram krn ngga ada tugas laporan yang manggil manggil hehe

"Sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan.." (QS Al-Insyirah : 6)

SEMESTER 5 ADALAH:

Semester Kuliah Lapangan
Taman Nasional Baluran Jawa Timur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Situ Lembang, Waduk Saguling.
Yang ekuivalen dengan banyaknya laporan besar (otomatis ini mah ya), dan banyak memanfaatkan waktu nge lab di lab ekologi, sebanding juga dengan punya kelompok project ecology yang top markotop :D
Asisten proyek ekologi yang pasti riweuh nya berkali kali lipat daripada kami, para praktikan.
Ibu Endah, Pak Gede, Dosen JEMPOLAN! :D
Terima Kasih Banyak! :3
Padang Savanna, Taman Nasional Baluran, Jawa Timur
image source: http://www.facebook.com/media/set/?set=a.136267716478198.22926.100002849113132&type=1
di Bromo, satu semester bersama kelompok 3 proeko, atchulaah (citra style).


Semester Yang Paling Sedikit Aktif di Organisasi

ini mungkin ngga semua orang ya, tapi mungkin krn beban perkuliahan yang menuntut lebih, manajemen waktu yang lebih baik dan pemahaman yang cepat, saya jadi terkesan banyak melepas amanah di organisasi. Niatnya supaya akademisnya terkejar Tapi walahu 'alam, tiap orang berbeda. Saya malah ngerasa manajemen waktu lebih buruk tanpa berorganisasi. Wah wah, doakan mudah mudahan hasil akhir nya baik ya..?
Mohon maaf untuk segala kelalaian yang saya lakukan..


Semester Ekonomi Bergejolak

Semester ini saya mulai berjualan pulsa lagi, sedikit sedikit, alhamdulillah buat minimal memenuhi kebutuhan pulsa sehari hari. Semester ini jg alhamdulillah beasiswa PPA udah turun setidaknya ngga bikin orangtua kesulitan. Semester ini udah mulai juga ngajar les privat, anak SD kelas 5 sih, dipikirnya gampang, ternyata lebih susah secara psikologis, apalagi kalo anaknya nangis stress krn ga bisa jawab pertanyaan. ckckck. Semester ini juga pernah dapet proyek kerjaan kecil, yah gimana kita nyikapinnya sih, pengalaman. Di semester ini pula kerasa banget saya banyak ngeluarin uang, Ya itu tadi, proek ekologi yang memakan biaya ngga sedikit, dll. Alat-alat kulap sebaiknya memang dicicil dari awal. Alhamdulillah juga udah bisa beli netbook, setidaknya ngga terus merepotkan teman2 asrama khususnya 404 :').
image source : http://www.shutterstock.com/pic-57028609/stock-photo-coins-and-green-plant-isolated-on-white.html
 sisanya, kulanjut nanti ya! :D


15 Desember 2011
09:54
kamar 404

Wednesday, December 14, 2011

nginjek kaca, bius pake air es

bismillah..
seperti yang dapat dilihat dari judul tulisan ini, saya mau cerita kejadian di dapur asrama tadi sehabis isya.

sebut saja ayu-- tiba tiba mengangkat sebelah kakinya sambil mengaduh. rupanya kakinya menginjak pecahan kaca yang entah berantah dari mana asalnya. saya pikir serpihan biasa, tapi kalau dilihat ternyata cukup besar dan dalam. langsung diicabut sakit banget katanya.

sampai akhirnya pecahan kaca itu berhasil dicabut, rasa sakitnya ngga kerasa.
tau kenapa?

rendam kaki dalam air dingin banget (air es), sampai kerasa mati rasa, cabut kacanya.
semacam bius gitu, karena kondisi dingin beku kan memang suka bikin mati rasa. (ngalihin fokus juga)

kalo kurang yakin dicoba aja
selamat mencoba! :D



14 Desember 2011
20:25
kamar 404


image source : http://telukbidaraku.blogspot.com/2009/05/kaca.html

Monday, December 12, 2011

run!

Pagi ini seperti biasa,
shalat subuh di masjid,
tilawah quran sedikit,
berdoa dalam sujud,
dan
terbangun dengan masjid yang sudah sepi -_-
hihi

memandang keluar jendela, lihat lapangan rumput salman di pagi pagi buta.
terbersit keinginan yang belum pernah terpikirkan selama berada di asrama salman.
LARI PAGI DI LAPANGAN RUMPUT!

Ya, kenapa tidak?
tadinya mau kumulai hari ini juga.
tapi bimbang.
bergerak pergi menjauh menuju tangga ke lantai 2, tapi kemudian berbalik, dan melihat lapangan rumput kembali, sambil menghirup oksigen segar cuma-cuma dari Sang Maha Pencipta

Mau lari, tapi rasanya malu dan ngga jelas kalo lari sendiri.
berbalik badanlah lagi ke tangga.

namun tak sadar kaki sudah melangkah ke lapangan rumput,
perlahan demi perlahan..
sampai di ujung dekat gerbang..
lalu,

lari deh sampe lantai 4!
:D

image source : http://jolitaasmara.blogspot.com/2011/04/often-at-times-unexpected-to-me-this.html


ajakin yang lain ah besok :)

12 Desember 2011
21:17
warnet asrama lantai 4
di tengah-tengah belajar ekologi :)

Sunday, December 11, 2011

24 Tahun Gerakan Intifadhah



Allah
Yang Maha Melihat 
Maha Mendengar 
Maha Mengetahui
Segala sesuatu 
untuk hidupku
untuk hidupmu
untuk hidup kita

-potongan syair lagu Surat Cinta dari Palestina, Ebith beat A-
24 Tahun Gerakan Intifadhah

11 Desember 2011
13:14
tangga menuju lantai 5

Friday, December 9, 2011

14.59

Deadline laporan dan powerpoint proyek akhir mata kuliah ekologi adalah hari ini (9 Des 2011) pukul 15.00
dan laporan kelompok ku dikumpulkan pada pukul 14.59

Nyaris..


terimakasih buat mbak tami yang tadi nyuapin segala hehe
terimakasih dan maaf buat 404 yang bersedia jadi kapal pecah dulu


kawan kawan kelompok 3 proeko (fadi, silat ka nuke, citra, vania, udin), asisten ka elgi 'maman'
maaf banyak kekurangan, terimakasih segalanya.
mudah mudahan presentasi besok lancar
dresscode besok pake baju muslim putih dan khusus cowo pake peci ya :)

Saguling I'm in Love dah :)
Waduk Saguling Desa Maroko - Penuh eceng gondok


9 Desember 2011
23:15
kamar 404

Thursday, December 8, 2011

zakatkan fitrahmu :)

The best way to cheer yourself up is to try to cheer somebody else up
-mark twain-


Jadi ingat materi pengajian di warung bobotoh sulanjana kamis lalu.
temanya "Zakatkan Fitrahmu"

ngga ikut keseluruhan sih,
tapi yang paling ngena adalah ini:

Kadang saat kita sedang fokus, sangat fokus pada tujuan kita, kita jadi lupa akan sekaliling kita.
Kita terlalu sibuk dengan diri sendiri, sibuk dengan menolong diri sendiri saja.
Padahal fitrah kita itu adalah berbagi, berbuat baik, membantu orang lain.

itu fitrah, liat jauh di dalam dirimu
pasti sehabis menolong orang, senang kan?

Intinya, saat sibuk dan fokus pada tujuan,
jangan lupa lihat sekeliling
karena kita ngga tahu amalan mana yang akan menolong kita
ikhlaskanlah.


#maaf untuk kekurang-care-an saya, mudah-mudahan setelah ini selesai, saya kembali
:)

8 Desember 2011
22:37
kamar 404

Tuesday, December 6, 2011

what species?

Serangga yang ditemukan di dapur asrama putri!
23 November 2011
07:19

ini mukanya, barangkali ada yang kenal :

hehe

spesies apa ya?
:3

#malas ngiden hehe

Monday, December 5, 2011

ADA FOGGING! KONDISIKAAN!

Masuk pekan ujian akhir..
Jadwal Ujian semester 5 plus tiket masuk nya:
1. Senin : Bioteknologi Tumbuhan (12.30-15.30) Oktagon @9017
2. Selasa : Biokonservasi (09.15.12.15) @9301, 9302 + laporan kulap
3. Rabu : Probis (07.00-09.00) @9022, TVST C + logbook + laporan pisang + revisi laporan hewan
4. Kamis : Biologi Sel Molekuler (07.00-09.00) @ 9103, 9104
5. Senin depannya lagi : Proyek Ekologi (12.30-15.30) @9307, 9308
6. Selasanya : Ekologi (12.30-15.30) @9213, 9214

Jadi inget pekan lalu pas mau ujian 3 Biostatistika.
1 bab terakhir belum saya review. Niatnya jam 8 setidaknya baca dulu, jam 9 baru ujian.
ternyata


ADA FOGGING!! KONDISIKAAN!
walhasil beberes lah saya.
dan 1 bab terakhir itu ngga sempet kebaca.-_-






itu akibatnya kalo manajemen waktunya kmrn blm bener.

tapi setelah ujian aga tenang, mudah-mudahan hasilnya baik.
doakan ya :)

Sunday, December 4, 2011

orang cacat seperti itu hanya akan merepotkan saja..


Di angkot dalam perjalanan menuju STKS saya denger cerita merinding. Entah nyata atau fiktif, tapi sambil agak kesal karena ngetem, kami merinding:

Seorang tentara muda yang usai berperang menelepon orangtuanya dan memohon ijin untuk dapat membawa serta temannya yang cacat akibat perang. Tangan dan kakinya buntung, sehingga terlalu menyedihkan bila tidak ada yang merawatnya.

"Ayah, bolehkah saya membawa serta teman saya? Tapi dia cacat, 1 tangan dan 1 kakinya tidak ada karena terkena ranjau musuh. Saya tidak tega meninggalkannya bila harus sendirian disini."

"Sudahlah, orang cacat seperti itu hanya akan merepotkan saja. Kau pulang saja tanpa harus membawanya."

Singkat cerita, Anak tersebut tidak jadi pulang, barangkali kondisi temannya itu sangat memprihatinkan. Orangtuanya pun tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa menunggu kepulangan anaknya.

Hari berganti bulan, waktu demi waktu, tentara muda itu tak kunjung pulang. Orangtuanya pun berpikir untuk menjenguknya, paling tidak untuk melepas rindu.

Sesampainya di negeri tempat tentara muda itu berada, dikabarkan ada seorang tentara yang jatuh dari gedung. Menurut saksi mata setempat ia bunuh diri dengan lompat dari gedung dan diperkirakan karena putus asa. 

Orangtua tadi berpikir bahwa teman anaknya itu mungkin sudah putus asa. Walaupun sudah dirawat anaknya, tapi keadaanlah yang membuatnya putus asa hingga bunuh diri.

Sampai ketika jasadnya dilihat --tentu saja orangtua mengenali wajah anaknya sendiri,
wajah anaknya lah yang terkapar kaku disana,
dengan tangan dan kaki yang buntung sebelah...


* * *
setelah mendengar cerita itu, saya berpandangan dengan teman saya.
ngga paham awalnya. (karena samar-samar dengernya)
hehe

setelah tanya dan diskusi, ternyata..
ah, merinding!


Ya Allah,
saat jadi orangtua nanti, semoga hamba sudah siap dan terjaga kata-kata dan hati hamba ya..
ngga kebayang perasaan anaknya gimana saat dibilang "akan merepotkan".
pasti orangtuanya nyesek banget
T_T


4 Desember 2011
22:43
Kamar Ifa, Lantai 2, Rumah Margahayu Raya


* * *
sumber cerita : radio di angkot kelapa-dago menuju lokasi DKT Gamais di Masjid STKS. 24 November 2011, saya hanya bisa ikut malam itu saja, karena tanggal 25-26 saya musti ke waduk saguling buat proyek akhir mata kuliah ekologi.
sumber gambar : http://wallpaperexprees.blogspot.com/2011/06/fine-army-wallpapers.html

Saturday, December 3, 2011

Silence of Love :'(

video

Iklan asuransi Thailand sih, tapi
Tidak perlu banyak penjelasan, 

"''There a no perfect father,
but a father will always love perfectly
Remember to care for those who care for you"
:'(

sumber youtube : http://www.youtube.com/watch?v=3at64I7H9-c

mr. trouble mungkin sedang frustasi

sumber gambar: http://qtobae-qtoalone.blogspot.com/2011/05/love.html


Sekitar 21 November 2011 lalu saya dapat sms dari seseorang yang nomornya tidak dikenal, yang setelah dibalas pun tak menjawab. Isinya begini:
"Bahkan dibalik sikap yang paling menjengkelkan  pun tersembunyi orang yang frustasi, yang berteriak mencari perhatian." (R. Carlson)
Disitu saya mengiyakan. Masih banyak juga saya temukan, masih ada beberapa kawan yang dengan mudahnya membicarakan aib, kekurangan, keburukan seseorang. Bahkan saat saya disitu pun, yang tak bisa banyak berbuat, jadi bisa mendengarkan.

saya sendiri memilih untuk tidak membicarakan keburukan orang, karena sungguh, belum tentu kita lebih baik dari mereka. Tiap orang punya sisi baik dan buruk. Barangkali orang itu sedang proses perbaikan diri. Barangkali yang kita lihat hanya sisi jeleknya.
refleksikan pada diri kita, bagaimana rasanya bila aib kita diperbincangkan?

Bersikap khusnuzhan setidaknya tidak mengotori hati kita (yang tanpa dikotori sudah pasti kotor).
Bersikap khusnuzhan secara tidak langsung membantu meringankan beban orang itu dari merasa diperhatikan orang.

Karena orang yang terlihat sedang baik-baik saja, mungkin tidak begitu.
mungkin ia sedang menutupi apa yang sebetulnya terjadi pada dirinya.
mungkin sedang ada masalah, mungkin otaknya dipenuhi berbagai beban pikiran.
mungkin akademisnya jelek, mungkin ada masalah keuangan, mungkin ada masalah pertemanan atau berjuata masalah lainnya, yang kadang kita sepelekan..

carilah sejuta alasan untuk tidak berburuk sangka!
yah, kalo kata aa' gym, jagalah hati..
insyaallah..

Sabtu, 3 Desember 2011
13:27
Aula Barat ITB