Monday, October 31, 2011

Mengenang Idul Adha sama KRIMA :)

Pekan Ujian Tengah Semester di tahun 2011.
Barusan aja rapat rutin asrama putri di ruang belajar, agenda besarnya tentang Idul Adha. Tahun 2011 ini, Idul Adha bertepatan dengan 6 November 2011. Ngomongin gimana hasil rapat sama DKM tadi, cerita tahun lalu kurban di salman dan pembagian tugas untuk hari H. Eh, tiba-tiba langsung keinget idul adha bareng anak-anak KRIMA tahun-tahun sebelumnya. Biasanya H-1 10 Dzulhijah (Idul adha) nya ada briefing teknis sama bapak-bapak DKM Al-Muhajirin dan anggota KRIMA lainnya. Bagi-bagi tugas, bagi-bagi nametag, dan celemek. Biasanya anak-anak ikhwannya gantian takbiran pake mikrofon masjid, awalnya sumanget teriak kenceng banget, makin malem pada tepar (baca:pulang) dan suaranya sayup-sayup, digantikan yang tua-tua. Biasanya akhwat-akhwat yang tulisannya bagus pada nulisin label di kantong keresek. Buat muqarib. Yang kambing pake keresek merah, yang sapi pake keresek putih kalo ga salah. Jam 23.20 malem baru pada pulang deh. ckckck

Keesokan harinya, Bantu pengondisian shalat idul adha sama distribusi kencleng ke jamaah di lapangan blok K, bareng "remaja" masjid lain (Al-Ikhlas dan At-taqwa). Saat pengumuman, biasanya Masjid Al-muhajirin hewan kurban dan kencleng nya bisa paling banyak! hehe. kadangh suka bangga aja, padahal aneh, bukan saya juga yang nyumbang. Tapi jadi khusnudzhan bahwa warganya keren-keren. hehe (belum nyensus jumlah kepala keluarga masing-masing Masjid).

Biasanya kalo udah beres, pada pulang ke rumah masing-masing buat makan kupat. Udah gitu baju bagus yang dipake shalat tadi di ganti sama baju butut, buru-buru ke mesjid al-muhajirin buat nyingcang-nyingcang daging! Haaa! hehe Bapak-bapak dan Ibu-ibu DKM biasanya udh nyediain timbangan, golok, pisau, sama talenan. Tapi kalo di rumah punya pisau tajem ga kepake atau timbangan, boleh dibawa aja. soalnya tetep akan butuh banyak. Pertarungan dimulai! di awal-awal temponya masi lambat, sapi dan kambing belum dijagal semua, lama kelamaan daging-dagingnya numpuk dan harus segera ditimbang dan dibungkus. Bagian organ dalamnya di rebus baru dipotong-potong (baunya ngga enak, kawan..) Tar di tengah-tengah suka dateng snack, permen sama minum, gantian istirahatnya.

Yang unik dari proses penyembelihan ini, biasanya selalu aja ada komando dari berbagai sumber. Bapak anu bilang itu, bapak itu bilang anu. Kami sebagai anak-anak KRIMA kadang bingung musti ngikut mana, rasanya semua kaya punya otoritas. Tapi semuanya bisa teratasi kalo kita paham betul siapa yang seharusnya komandonya kita dengar. Ya berusaha sopan dan senyum aja nolaknya :)

Sehabis dzuhur, makan! Biasanya di rumah yang persis depan mesjid (aduh rumahnya siapa ya tuh, lupa..). Kalau lancar, selesainya bisa tepat waktu. Nyembelih belasan sapi dan puluhan kambing lumayan juga capeknya, mungkin baru selesai jam 2 atau jam 3 sorean. Kambing sapi sudah siap dan udah di pak per karungnya sekitar 50 atau 100 porsi. ratusan orang udah siap nunggu di luar pager masjid, mencoba untuk jadi yang terdepan, dan terbanyak bawa anggota keluarga. Sayangnya, sering sekali mereka ngga tertib, ngga sabaran. Pernah coba pake mekanisme ngantri biasa, riweuh. Pake sistem kupon, sama riweuhnya. kayanya yang salah emang bukan di sistemnya, tapi di budaya dan pola pikir orang-orangnya. kita-kita bantu jadi pager betis, bapak-bapak bagian 'nasehatin' para penerima daging kurban yang ngga tertib. Serem juga kalo ada yang memang maksa-maksa dan ngga sabaran. Indonesia.. indonesia.. hehe Kalau udah selesai, paling beberes dan pada pulang, capek.. Istirahat, dan siap-siap malemnya kumpul lagi buat nyate! Karena memang sudah ada jatahnya, dijadiin satu dan dimasak massal. Menunya bisa sate atau steak. Asik deh!

Yah begitulah sedikit cerita nostalgia Idul Adha bareng anak KRIMA. Tahun ini nampaknya saya mendulang pahala di masjid yang berbeda, rumah saya juga, di masjid salman itb. :')

Harus mulai baca-baca lagi fikih kurbannya, sering lupa. Soalnya kerasa, banyak hal-hal yang ngga ngerti harus gimana, karena ga tau ilmunya. SUDAH SIAP BERDARAH? :D Jumat, 14 Oktober 2011 selesai 20:09 WIB kamar 404

2 comments:

  1. teh fya ga dimargahayu ?? ah-- garameee. ntar sepi deeeeh--

    ReplyDelete
  2. ntar hewan kurbannya kurang satu...

    ReplyDelete